3 Film Horor yang Terinspirasi Dari Kisah Nyata

3 Filim Horor yang Terinspirasi Dari Kisah Nyata

Pastinya semua orang pernah bermimpi saat sedang tidur. Bagi banyak orang, mimpi hanyalah hal sekilas yang tidak perlu dipikirkan hingga bangun tidur. Namun bagi sebagian orang, mimpi bisa menjadi sumber ide berharga dalam membuat film yang nantinya akan menimbulkan kekaguman bagi yang menontonnya.

Berikut Adalah Film Horor yang Mendapatkan Idenya Dari Mimpi

Inception

Inception merupakan film buatan Christopher Nolan yang dirilis pada tahun 2010. Yang dirilis pada tahun 2010 silam. Film ini menceritakan persoalan sekelompok orang yang memiliki kemampuan untuk memasuki mimpi orang lain.

Inception bukanlah film pertama yang mengangkat tentang mimpi, film ini tetap meninggalkan kesan positif yang sangat kuat karena konsep mimpi dalam mimpi yang saling berhubungan.

Nolan sendiri mendapatkan ide pembuatan film Inception dari lucid dream, yaitu kondisi dimana seseorang sadar bahwa dirinya sedang bermimpi dan dapat memanipulasi mimpinya. Dalam film Inception, tokoh utama dikatakan mampu mewujudkan mimpi di dalam mimpi menggunkan cara membius dirinya saat masih berada dalam mimpi.

Phantasm

Phantasm merupakan filim horor Amerika yang pertama kali dirilis pada tahun 1979. Di Amerika Serikat, film ini dianggap sebagai filim yang sangat berpengaruh karena memperkenalkan berbagai konsep baru seperti drone pembunuh dan dan monster yang dapat meneror korbannya melalui mimpi

Filim Phantasm sendiri bercerita tentang sosok misterius berpakaian hitam yang diam-diam mencuri mayat dari kuburan. Ketika tokoh utama film ini mencoba mengikuti sosok berbaju hitam, ia menemukan hal-hal aneh dan ganjil. Ia mulai curiga kalau sosok berbaju hitam itu sebenarnya bukan manusia.

Dalam film tersebut, seorang tokoh berpakaian hitam, tokoh antagonis utama filim tersebut, memiliki kemampuan mengendalikan drone kecil berbentuk bola untuk menyerang dan menghisap darah korbannya. Menurut Don Coscarelli, sutradara filim Phantasm, ide drone datang dari mimpinya

Saat Don sedang tidur, dia bermimpi dikejar bola perak misterius saat berada di terowongan panjang. Mimpi ini membuat Don sangat ketakutan. Namun dari mimpi itulah Don tercetus ide untuk membuat film Phantasm.

A Nightmare on Elm Street

Phantasm bukan satu-satunya filim horor Amerika yang menampilkan karakter pembunuh di dunia mimpi. A Nightmare on Elm Street merupakan film dengan tema serupa namun lebih populer.

A Nightmare on Elm Street adalah filim tahun 1984 yang menceritakan kisah Freddy Krueger, seorang pembunuh berantai dengan cakar logam di tangannya.

Dalam film tersebut, Freddy bisa meneror korbannya melalui mimpi. Jika korbannya terbunuh di dunia mimpi, maka korban Freedy juga akan mati di dunia nyata.

Menurut Wes Craven, sutradara filim A Nightmare on Elm Street, ide pembuatan filim A Nightmare on Elm Street muncul setelah membaca kisah nyata yang dimuat di surat kabar. Dalam cerita yang dibacanya, beberapa warga Kamboja melarikan diri ke Amerika Serikat.

Di negara baru, anak bungsu dalam keluarga menolak tidur selama berhari-hari. Bocah tersebut mengaku takut tidur karena sering mengalami mimpi buruk dan takut dibunuh saat sedang tertidur pulas.

Apa yang ditakutkan bocah itu akhirnya terjadi. Begitu dia tertidur, dia tidak pernah bangun lagi karena anak laki-laki itu meninggal dalam tidurnya. Wes Craven yang terkesan dengan cerita ini menggunakannya sebagai sumber ide untuk filim horor yang nantinya akan membesarkan namanya.

Baca Juga : Misteri Hewan Horror dalam Mitos Indonesia

error: Content is protected !!