Kisah Mistis Gunung Salak Yang Terkenal

Kisah Mistis Gunung Salak Yang Terkenal

Kisah mistis Gunung Salak merupakan sesuatu yang tidak asing lagi bagi masyarakat sekitar gunung dan para pendaki. Selain menawarkan keindahan alam dan pengalaman pendakian yang cukup menarik, berbagai cerita misterius yang terjadi di gunung ini kerap menghantui para pendaki.

Dikutip dari katadata.co.id, gunung Salak terletak di kawasan Bogor, Jawa Barat, dengan ketinggian sekitar 2.211 meter di atas permukaan laut. Mengutip dari situs resmi Kabupaten Bogor, kawasan Gunung Salak telah dilindungi oleh Taman Nasional Gunung Halimun-Salak sejak tahun 2003.

Gunung Salak merupakan gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini. Gunung Salak juga dikenal sebagai gunung yang mistis dan mempesona. Pendaki bisa mengetahui kisah mistis Gunung Salak, tradisi dan pantangannya melalui ulasan berikut ini.

Suara Gamelan Dan Cerita Mistis Yang Sering Didengar

Tak jarang bagi mereka yang mendaki ke puncak Gunung Salak terdapat cerita mistis tentang Gunung Salak yaitu mendengar suara gamelan. Hal ini terbukti dengan banyaknya cerita masyarakat yang menyebutkan bahwa para pendaki di Gunung Salak mendengar suara gamelan entah dari mana.

Biasanya pendaki yang mendengar suara gamelan akan tertarik untuk mencari sumber suara tersebut. Dan akhirnya pendaki tersebut hilang dan sulit ditemukan oleh tim SAR. Pendaki biasanya terhipnotis mengikuti bunyi gamelan.

Baca Juga : Keindahan Dan Misteri Dibalik Gunung Rinjani

Kisah mistis Gunung Salak selain yang disebutkan di atas juga didukung oleh tradisi yang masih dilakukan masyarakat. Dan pantangan-pantangan yang harus dipatuhi oleh para pendaki. Berikut beberapa tradisi dan pantangan yang wajib dipatuhi selama berada di Gunung Salak.

Ada sebuah kerajaan gaib, salah satu kisah mistis Gunung Salak yaitu Kerajaan Padjadjaran. Mengutip Jejak Kerajaan Sunda/Pajajaran, kerajaan ini terletak di wilayah barat Pulau Jawa dan didirikan pada tahun 1030 Masehi.

Meski Kerajaan Pajajaran runtuh bahkan sebelum Belanda masuk ke Indonesia, namun masyarakat sekitar Gunung Salak percaya bahwa arwah penghuni Kerajaan Pajajaran masih ada di lokasi tersebut. Termasuk arwah rajanya yaitu Prabu Siliwangi yang cukup terkenal.

Baca Lainnya : Jadi Tempat Horor di Gunung Lawu Mengapa Disebut Pasar Setan

error: Content is protected !!