Kisah Cerita Mistis yang Selimuti Alas Purwo Banyuwangi

Kisah Cerita Mistis yang Selimuti Alas Purwo Banyuwangi

Alas Purwo adalah sebuah taman nasional di selatan banyuwangi. Tempat terkenal dengan keindahannya. Banyak cerita mistis yang berkembang di masyarakat tentang Alas Purwo.

Dilansir dari situs resmi Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, pada tahun 1930 Alas Purwo merupakan suaka margasatwa. Kemudian pada tahun 1992 diubah menjadi taman nasional berdasarkan keputusan Kementerian Kehutanan.

Taman nasional ini diberi nama Alas Purwo karena dianggap sebagai awal berdirinya Pulau Jawa. Arti nama Alas Purwo adalah hutan pertama atau hutan awal.

BACA JUGA : Kisah Mistis Gunung Salak yang Terkenal

Berdasarkan banyak cerita dari masyarakat setempat, Tempat lokasi tersebut ini merupakan tempat kelahiran dari seorang Sang Hyang Widhi (Dewa Pencipta dalam mitologi Jawa). Diselimuti mitos dan cerita mistis, bahwa hutan ini merupakan kerajaan gaib sehingga dianggap angker.

Dilansir dari detikTravel, Pakar spiritual asal Banyuwangi meminta siapa pun yang berkunjung ke suatu tempat untuk menjaga sikap karena hutan ini merupakan tempat pertama yang dihuni situs kawitan.

Menurutnya, Alas Purwo dihuni jin hingga genderuwo. Ia juga mengatakan bahwa tempat tersebut merupakan kediaman Nyi Roro Kidul dan para pengikutnya. Sehingga muncullah mitos bahwa pengunjung akan dibawa oleh makhluk gaib jika mempunyai niat buruk dan tidak berperilaku ketika memasuki hutan ini.

Ada pula cerita pengunjung yang mengaku seolah dipanggil suara aneh saat memasuki lokasi Purwo. Masyarakat setempat juga percaya bahwa jika ada suara aneh yang memanggil, jangan berbalik atau menoleh ke belakang ke arah suara tersebut. Jika melanggar maka akan terjadi musibah, dimana orang tersebut akan diculik oleh jin.

BACA LAINYA : Keindahan Dan Misteri Dibalik Gunung Rinjai

Mitos lain yang beredar di sekitar lokasi itu adalah hutan ini merupakan tempat pertemuan Nyi Roro Kidul dan Presiden Soekarno. Mereka konon bertemu di salah satu gua bernama Gua Istana yang berisi batu simbolis Nyi Roro Kidul.

Selanjutnya ada mitos mengenai keris sakti yaitu Keris Sumelang Gandring Pusaka peninggalan Kerajaan Majapahit. Konon dari ceritanya ini jika berhasil menemukan keris ini maka anda akan beruntung seumur hidup.

Mitos tersebut membuat banyak orang rela bermeditasi di hutan untuk mendapatkan kekayaan dan meningkatkan derajat hidupnya. Karena itulah disebut Alas Purwo menjadi salah satu tempat yang kini terkenal sebagai lokasi mencari pesugihan. Masyarakat juga percaya bahwa di dalam hutan banyak terdapat makhluk tak kasat mata.

error: Content is protected !!