5 Hantu Menurut Kepercayaan Masyarakat Bali, Bikin Merinding (Part 2)

Hantu Menurut Kepercayaan Masyarkat Bali, Bikin Merinding

Setiap daerah mempunyai kepercayaan yang berbeda-beda terhadap keberadaan hantu. Cerita yang diturunkan dari generasi ke generasi dan budaya lokal sebagian besar berperan dalam pembentukan kepercayaan terkait hantu. Selain itu, masyarakat Bali juga mempunyai ciri khas tersendiri dalam hal hantu. Mengingatkan orang, gigi tajam dan hal menakutkan lainnya.

Berikut Daftar Hantu Menurut Masyarakat Bali

1.Celuluk
Ditulis oleh Celuluk Dikutip dari Bausastra Lecepat (Ensiklopedia Hantu Indonesia), Lentera Nusantara adalah sejenis leke yang bekerja di bawah Rangda dan suka tertawa.

Celuluk tidak berani menyerang orang karena dia penjilat yang sangat pemalu. Ketika orang-orang mengancamnya, kunci sel lari ketakutan dan menghilang. Celuluk biasanya berupa kolam yang berada di tengah hutan, sungai, jembatan sepi dan dekat kuburan.

2.Brerong
Brerong adalah hantu yang sering mencuri uang. Ada yang menganggap hantu ini sebagai sumber kekayaan. Kekayaan diperoleh dengan mencuri uang secara ajaib.

Biasanya seseorang yang memegang brerong menyiapkan kurban dalam bentuk manusia. Selain itu, majikan Brerong harus memberikan penawaran dan mematuhi perjanjian tertentu.

3.Gamang
Gamang adalah hantu menurut kepercayaan masyarakat Bali. Gamang adalah makhluk yang hidup di sungai. Sesuai dengan namanya, makhluk mitologi Bali ini mempunyai wujud yang ambigu

4.Memedi
Memedi merupakan makhluk halus yang dipercaya oleh masyarakat Bali. Media adalah roh atau hantu yang tinggal di semak-semak dan batu-batu besar. Wujud diri itu seperti laki-laki dengan pakaian kotor. Memedi adalah hantu yang suka menyembunyikan anak kecil.

5.Rarung
Mengutip skripsi yang ditulis Dewa Made Karthadinata di Perpustakaan Universitas Negeri Semarang, Rarung merupakan salah satu murid Walunateng Dirah yang kesaktiannya hampir menyamai dirinya. gurunya Dia memiliki wajah yang cantik. Namun setelah mengamalkan ilmunya, ia mampu menjelma menjadi seekor elang yang mampu mengalahkan Patih Madr dengan cara memotong matanya hingga menjadi buta.

Baca Juga : 5 Hantu Menurut Kepercayaan Masyarkat Bali, Bikin Merinding (Part 1)

error: Content is protected !!