5 Hantu Menurut Kepercayaan Masyarakat Bali, Bikin Merinding (Part 1)

Hantu Menurut Kepercayaan Masyarkat Bali, Bikin Merinding

Setiap daerah mempunyai kepercayaan yang berbeda-beda terhadap keberadaan hantu. Cerita yang diturunkan dari generasi ke generasi dan budaya lokal sebagian besar berperan dalam pembentukan kepercayaan terkait hantu. Selain itu, masyarakat Bali juga mempunyai ciri khas tersendiri dalam hal hantu. Mengingatkan orang, gigi tajam dan hal menakutkan lainnya.

Berikut Daftar Hantu Menurut Masyarakat Bali

1.Rangda
Dikutip dari Tempat Menakutkan Ditambah Hantu Terkenal di Dunia oleh Puspa Swara dan Risha Rack Rangda adalah ratu leak dalam mitologi Bali.

Rangda adalah pemimpin pasukan penyihir jahat yang berperang melawan barong, simbol kekuatan kebaikan. Menurut laporan, Rangda kerap menculik dan memakan anak kecil. Menurut kepercayaan masyarakat Bali, ratu Rangda adalah Manendradatta yang hidup di pulau Jawa pada abad ke-11. Raja Dharmoddayana menuduh Ratu Manendradatta menyihir suami kedua raja tersebut. Kemudian dia diusir.

Rangda sering digambarkan sebagai wanita dengan rambut panjang acak-acakan, kuku panjang, wajah seram, dan gigi sangat tajam.

2.Liko
Dikutip dari Hantu Kisah Nyata di 13 Kota karangan Argo Wikanjat: Liko adalah penyihir jahat dalam mitologi Bali. Le artinya penyihir jahat dan ak jahat. Kebocoran hanya bisa dilihat oleh dukun yang mencari kebocoran pada malam hari.

Pada siang hari, dia terlihat seperti orang normal. Namun, dia berada di kuburan pada malam hari, mencari organ tubuh manusia yang dia gunakan untuk membuat ramuan. Ramuan ini bisa mengubahnya menjadi harimau, babi, monyet atau semacamnya Rangda. Jika perlu, dia juga bisa mengambil organ dari orang yang masih hidup.

Baca Juga : Misteri Kapal Octavius Dengan Awaknya yang Beku

3.Kemangmang
Kemangmang adalah makhluk tanpa tubuh, kaki dan tangan. Hanya terdiri dari kepala kemangmang bentuknya seperti kelapa yang berlubang, seperti digigit tupai. Lubang itu adalah mulut yang berfungsi.

4.Gregek Tunggek
Menurut kepercayaan masyarakat Bali, Gregek Tunggek adalah hantu. Mengutip buku Cerita Hantu di Nusantara karya Ipnu R. Nugroho, gregek tungek lebih mirip kunitlanak. Hantu ini konon suka bermain dengan anak kecil. Tak hanya itu, gregek tuggek juga menyukai tempat basah dan lain sebagainya

5.Tonya
Tonya merupakan makhluk yang dipercaya masyarakat Bali. Menurut laporan akhir yang ditulis oleh Ida Ayu Laksmita Sari, S. Humi, M. Humi dan lain-lain di Simdos Universitas Udayana, Tonya merupakan makhluk berpenampilan menakutkan, tubuhnya ditumbuhi rambut, berkumis tebal dan berjanggut tebal.

Menurut kepercayaan masyarakat Bali, hantu bisa sama atau mirip dengan hantu di daerah lain. Namun namanya berbeda-beda menurut budaya setempat. Sebagai sebuah budaya, sudah sepatutnya kepercayaan terhadap hantu disikapi dengan bijak.

error: Content is protected !!